Singkawang, kota kecil dengan aneka budaya, memiliki berbagai cerita. kali ini saya ingin anda para bloger untuk berbagi cerita atau legenda yang ada atau berasal dari kota ini. Cerita Singkawang boleh karangan anda sendiri maupun cerita yang pernah anda dengar. Setiap cerita yang anda kirim dan menarik untuk dibaca akan diterbitkan di blog ini.

Senin, 15 Juni 2009

LEGENDA ARUNG RADEN

Inilah salah satu cerita/legenda Arung Raden yang telah saya terima dari seorang pengunjung, yang dikirim lewat email. Di Singkawang Utara, tepatnya di kelurahan Sungai Rasau Hulu ada sebuah tempat yang bernama Arung Raden. Tempat tersebut merupakan sebuah kawasan kosong yang hanya ditumbuhi oleh semak dan hutan kecil dan terdapat perkuburan Tiong Hua. Dulu tempat tersebut merupakan daerah angker, banyak kejadian aneh dan menakutkan terjadi.

Ceritanya begini...

Dahulu kala, hiduplah seorang raja dan anaknya yang bernama Aden (raden). Pada suatu hari raden tersebut bermain di hutan. ketika asik bermain, ia melihat seekor rusa yang sedang makan. karena tertarik, iapun berusaha menangkap rusa itu. Karena terlalu bersemangat, si raden tidak menyadari ada sebuah arung ( kolam) yang dalam. Dan akhirnya iapun terjatuh ke dalam arung tersebut. Ayah dari raden ini telah berusaha memerintahkan orang orang untuk mencari si raden, namun tidak pernah ditemukan . Dan sejak saat itu, tempat tersebut dinamai orang Arung Raden.

Demikian cerita singkat tentang Arung Raden. Apabila anda memiliki cerita lain, silahkan kirim ke email saya :trimacoalo@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share

Pengikut

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!