Singkawang, kota kecil dengan aneka budaya, memiliki berbagai cerita. kali ini saya ingin anda para bloger untuk berbagi cerita atau legenda yang ada atau berasal dari kota ini. Cerita Singkawang boleh karangan anda sendiri maupun cerita yang pernah anda dengar. Setiap cerita yang anda kirim dan menarik untuk dibaca akan diterbitkan di blog ini.

Sabtu, 01 Agustus 2009

SEKIP LAMA | CERITA SINGKAWANG

SEKIP LAMACERITA SEKIP LAMA

menurut cerita orang orang tua yang telah lama tinggal di Sekip Lama, dulu daerah ini bukanlah perkampungan yang seperti sekarang ini, melainkan sebuah tempat latihan menembak milik TNI AD(mulai dari gang masjid sampai batas bukit batu). Waktu itu daerah sekip lama hanyalah daerah berpasir dan banyak di tumbuhi semak dan pohon kelapa. kalau anda ke sekip lama masuk dari simpang empat, maka mulai dari simpang empat sampai batas jalan hansip anda akan melihat asrama asrama tentara yang dulunya merupakan asrama untuk para prajurSEKIP LAMAit dan perwira TNI AD. Waktu itu KODAM tanjung pura masih ada di kalbar (Pontianak)

Sampai sekarang bangunan bangunan tua milik para perwira militer tersebut masih berdiri, meski mulai terlihat keropos disana sini. Bangunan bangunana tua yang terbuat dari kayu belian itu dapat anda lihat disekitar simpang empat masuk ke jalan RA. kartini sebelah kiri jalan.

Kata Sekip lama berasal dari kata SKIP dan LAMA. SKIP artinya papan target untuk ditembak atau tempat latihan menembak sedangkan LAMA artinya sudah tua / lama .Jadi Sekip lama artinya daerah tempat latihan menembak yang sudah lama tidak di pergunakan lagi. Daerah ini mulai menjadi daerah pemukiman sekitar tahun 60-an ketika para penduduk mulai datang dan mendirikan rumah disekitar daerah latihan tembak tersebut.

Demikian sedikit cerita tentang asal muasal sekip lama yang didapat dari beberapa sumber.

1 komentar:

Bookmark and Share

Pengikut

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!